Pengembangan Website Undangan Digital Multi-Platform: Solusi Praktis untuk Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.38035/dit.v2i3.1321Keywords:
Pengembangan Website, Undangan Digital, Multi-Platform, Era DigitalAbstract
Perkembangan teknologi yang pesat telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk cara distribusi undangan. Undangan cetak tradisional digantikan oleh solusi digital yang praktis dan ramah lingkungan. Penelitian ini berfokus pada pengembangan website undangan digital multi-platform sebagai solusi praktis untuk era digital. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan website yang responsif, ramah pengguna, dan skalabel untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam. Penelitian ini menggunakan metodologi pengembangan dengan penekanan pada desain antarmuka, kompatibilitas lintas platform, dan integrasi basis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform undangan digital menyederhanakan proses pengelolaan, meningkatkan pengalaman pengguna, serta mengurangi biaya dibandingkan metode tradisional. Solusi ini berkontribusi pada modernisasi perencanaan acara sosial melalui teknologi.
References
A. Hidayat, E. S. (2020). Pengujian Fungsionalitas pada Aplikasi Berbasis Web dengan Pendekatan Black Box Testing. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7, 231-240.
Ahmad Fathurrozi, R. W. (2022). Pelatihan Digital Marketing di Wilayah Kecamatan Cimacan Kabupaten Cianjur Jawa Barat untuk Mewujudkan Desa Wisata Digital. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 3(02), 9-15.
Bluff, T. (2023). Menghadapi Tantangan Desain Responsif: Adaptasi Konten Untuk Semua Perangkat. Jurnal Teknologi Terkini.
Christos Bouras, A. P. (2015). Cross-Platform Mobile Applications with Web Technologies. International Journal of Computing and Digital Systems.
D. Susanto, T. W. (2021). Pemanfaatan Prototipe dalam Desain Antarmuka Pengguna pada Aplikasi Web. Jurnal Desain Interaktif Indonesia, 9, 128-134.
Dinamika, D. (2023). Perancangan Antarmuka Pengguna dan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Penjualan UMKM dengan Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.
Firebase, G. (2024, 12 26). Firebase Realtime Database: A Real-Time Database for Modern Applications. Retrieved from Firebase Documentation: https://firebase.google.com/docs/database
G. Myers, C. S. (2011). The Art of Software Testing. John Wiley & Sons.
Kusummawati, A. D. (2022). Pengelolaan Sampah di Perguruan Tinggi Sesuai Konsep Green Campus. Jurnal Lingkungan Indonesia, 8, 45-50.
Marcotte, E. (2011). Responsive Web Design. A Book Apart.
Nugroho, A. P. (2020). Social media integration in digital invitations: Opportunities and challenges. International Journal of Digital Innovations.
Otwell, T. (2019). Bootstrap Framework for Modern Web Development. Journal of Web Technologies, 12, 45-58.
R. Handayani, Z. N. (2022). Implementasi Framework Bootstrap pada Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika Indonesia, 7, 91-98.
Rafly Fandiansyah, A. F. (2024). Dukungan Metode Waterfall dalam Merancang Sistem Informasi Pembayaran UKT Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Journal of International Multidisciplinary Research, 7-16.
Rahmawati, A. (2022). Preferensi masyarakat Jawa Tengah terhadap undangan digital dalam acara pernikahan. Jurnal Sosioteknologi Indonesia.
Rahmawati, N. D. (2020). Studi Pustaka sebagai Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Sistem Informasi. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 16, 75-84.
Sharma, P. (2022). Digital transformation in event management: Case studies and future trends. Journal of Digital Business.
Shneiderman, B. (2023). Principles of effective interface design for digital platforms. Journal of Human-Computer Interaction.
Singh, R. K. (2021). The impact of digital invitations on event personalization and guest engagement. Journal of Event Management.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulastri, D. (2021). Tren penggunaan undangan digital di kalangan generasi muda Indonesia. Jurnal Teknologi dan Komunikasi.
Suryani, R. E. (2019). Penerapan Metode Waterfall dalam Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi Indonesia, 5, 20-28.
T. A. Kusuma, E. D. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Iterasi di Universitas Swasta. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, 10, 45-53.
(2024, december 26). Retrieved from statista: https://www.statista.com/statistics/617136/digital-population-worldwide/#:~:text=As%20of%20October%202024%2C%20there,population%2C%20were%20social%20media%20users.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fatah Sabila Rosyad, Fadayen Nurhidayat, Wildanul Jannah, Eko Irwanda, R Wisnu Prio Pamungkas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright :
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following conditions:
- Copyright in each article belongs to the author.
- The author acknowledges that the DIT has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International license (Attribution 4.0 International CC BY 4.0).
- Authors can submit articles separately, arrange the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (for example, sent to the author's institutional repository, publication in a book, etc.), by acknowledging that the manuscript has been published for the first time at DIT.