Peran Kepemimpinan Terhadap Tingkat Kinerja PNS Samsat Kota Padang

Authors

  • Naufal Al Haady Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jkis.v1i2.260

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Kinerja Pegawai, SAMSAT Kota Padang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang diterapkan pada organisasi SAMSAT Kota Padang, (2) Untuk mengetahui dampak penerapan kepemimpinan pada SAMSAT Kota Padang, (3) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap efektivitas dan efisiensi kinerja pegawai SAMSAT Kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik studi literatur, observasi, dan wawancara langsung dengan kepala cabang SAMSAT. Objek penelitian adalah Kepala SAMSAT dan pegawai yang bekerja di bawah pimpinan Kepala Cabang SAMSAT. Wawancara dilakukan langsung oleh peneliti dengan memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, Kemudian pada saat wawancara peneliti mengajukan pertanyaan di luar daftar pertanyaan yang telah dibuat untuk memperjelas jawaban yang diinginkan mengenai masalah yang ditanyakan. Sebelum dan sesudah wawancara dilakukan observasi di sekitar lokasi wawancara dengan mengamati kondisi, tugas pegawai, dan bagaimana kinerja dilihat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan adalah gaya kepemimpinan karismatik. Kesimpulan tersebut dapat diambil karena ciri-ciri yang diidentifikasi berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan merupakan ciri-ciri yang dimiliki oleh kepemimpinan karismatik.

References

Asnawi, S. (1999). Semangat Kerja dan Gaya Kepemimpinan. Jurnal Psikologi, 26(2), 86-92.
Hakim, A. (2015). Peran Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia di Wawotobi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 16(1), 1-11.
Huseno T. (2016). KINERJA PEGAWAI Tinjauan dari Dimensi Kepemimpinan, Misi Organisasi, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja. Media Nusa Creative.
Wibowo, U. B. (2011). Teori Kepemimpinan. Badan Kepegawaian Daerah Kota Yogyakarta [skripsi].[internet].[diunduh 26 September 2017]. Tersedia pada: http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/tmp/C, 20201113.

Published

2023-06-09