Pengaruh Karakter Pemimpin Terhadap Pelayanan Publik di KUA Padang Timur

Authors

  • Yuda Hose Pranando Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Annisa Fitri Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jkis.v1i3.261

Keywords:

Karakter, Kepemimpinan, Pelayanan Publik

Abstract

Karakter seorang individu dapat berpengaruh dalam memimpin suatu instansi. Permasalahan yang terjadi masih bersifat ringan dan terjadi karena beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya. Pemimpin KUA Padang Timur menjunjung tinggi demokrasi dalam memimpin lembaganya. Pelayanan berkualitas yang diberikan pegawai KUA Padang Timur kepada masyarakat menjadi pemimpin yang sukses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakter pemimpin terhadap pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif induktif, observasi, dan dokumentasi. Para pimpinan KUA Padang Timur dalam menyelesaikan suatu permasalahan juga sering melakukan musyawarah/mufakat dalam mengambil keputusan demi pengembangan KUA Padang Timur ke arah yang lebih baik. Permasalahan tersebut berupa perbedaan pendapat atau miskomunikasi antara pegawai dan pegawai KUA Padang Timur. Pimpinan KUA Padang Timur akan mengambil langkah-langkah yang mempertimbangkan keadaan yang dialami KUA Padang Timur saat ini. Kemampuan yang dimiliki seseorang mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemampuan kepemimpinannya karena ia akan menjadi teladan bagi karyawannya, dan apa yang dapat berubah itu datangnya dari diri sendiri.

References

Abror, K. (2013). Persepsi pemustaka tentang kinerja pustakawan pada layanan sirkulasi di perpustakaan daerah Kabupaten Sragen. Doctoral dissertation. Ilmu Perpustakaan.
Dwimawanti, I. (2004). Kualitas pelayanan publik. Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik.
Kartono, K. (1983). Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu?. Depok: RajaGrafindo Persada.
Kuaumbulharjo. (2019). Tugas dan Fungsi-KUA Umbulharjo. Diakses pada 20 Juni 2022, dari https://kuaumbulharjo.org/tugas-dan-fungsi/
Nawawi, H., Martini, H. (1995). Kepemimpinan Yang Efektif. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitiy Press.
Pasolong, H. (2020). Kepemimpinan Birokrasi.
PENGANTIN, P, K, C., & DI KUA, K. P. K. B. A. Deskripsi Masyarakat Kecamatan Pagedongan
Ruzikna, R., & Marfuah, M. (2015). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap loyalitas karyawan (Studi Kasus Hotel Olgaria Pekanbaru). Doctoral dissertation. Riau University.
Sahadi, S., Taufiq, O. H., & Wardani, A. K. (2020). Karakter kepemimpinan ideal dalam organisasi. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(3), 513-524.
Setijaningrum, E. (2009). lnovasi Pelayanan Publik.
Sondang, P. S. (2003). Teori dan praktek kepemimpinan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiarto, A. (2017). Peran KUA dalam mengimplementasikan undang-undang nomer 1 tahun 1974 tentang perkawinan di Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan: Study tentang Manajemen Dakwah. Doctoral dissertation. UIN Raden Intan Lampung)
Wibowo, U. B. (2011). Teori Kepemimpinan. Badan Kepegawaian Daerah Kota Yogyakarta [skripsi].[internet].[diunduh September 2017]. Tersedia pada: http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/tmp/C, 20201113.
Wirawan. (2013). Kepemimpinan Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Depok: RajaGrafindo Persada.
Yuliana, B., & Widayati, I. A. (2018). Analisis Karakteristik Pemimpin Yang Dikagumi Oleh Bawahan. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi, 2(1), 209-218.
Yuliana, B., & Widayati, I. A. (2018). Analisis Karakteristik Pemimpin Yang Dikagumi Oleh Bawahan. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi, 2(1), 209-218.

Published

2023-08-10